Friday, March 26, 2021

Web Science

1.     Apa itu Web Science?

Web Science adalah ilmu yang mepelajari pengolahan informasi yang tersedia di web dalam hal yang sama dengan yang diterapkan pada lingkungan alam.

2.     Jelaskan tentang sejarah Web Science!

Web yang banyak muncul pada jaman sekarang dulunya ditemukan oleh seorang

bernama Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan

jaringan, pertama kali muncul pada tahun 1991. Alasan Tim ketika membuat website adalah

untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di

tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja)

menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. dan

hingga kini penemuan ini menjadi sangatlah penting sifatnya dalam dunia perkembangan

sebuah internet.

 

Web Science sendiri didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research

Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi

dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan,

konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area

aktifitas yang penting.

 

3.     Apa perbedaan Web 1.0, Web 2.0 dan Web 3.0 dan Web terkini dan berikan contohnya!

Web 1.0

Web 1,0 Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di

dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya,

Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk

pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti

situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis

ini.

 

Web 2.0

Web 2.0 pertama kali diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai

teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara

online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah

revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai

keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun

aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna

aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti jejaring sosial, wiki dan

folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”) merupakan teknologi Web 2.0 yang

menambah interaktifitas di antara para pengguna Web.

 

 

Web 3.0 / Semantic Web

Walaupun masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap

berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0

sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan

Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff,

Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam

membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan

definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan

yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di

dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat

dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui

Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan

mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah [Tim01]. Pembuatan Semantic

Web dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi oleh World Wide

Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting dalam membangun Semantic Web

adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.

 

Web 4.0

Konsep Web 4.0/4.x adalah private secretary dalam bentuk organisme buatan. Setiap hari seseorang pasti mempunyai sebuah rutinitas. Apapun bentuk rutinitasnya , seluruh rutinitas tersebut bisa diketahui oleh aplikasi komputer/program/tools/device yang kita miliki yang dijalankan secara online. Jadi kemanapun seseorang pergi, dan apapun yang dilakukan semuanya direcord oleh alat-alat tersebut yang nantinya akan digunakan jika ingin mengetahui informasi apa yang dibutuhkan, bahkan teknologi ini bisa mengingatkan, menginterupsi dan memberikan informasi manakala ada perubahan dari sebuah sechedule/rutinitas, membantu melakukan pencarian.

 

 Inti dari Web 4.0. dapat mengetahui apa saja yang kita lakukan, dan dia juga bisa membantu dalam melakukan pencarian informasi, menyimpan histori pencarian, bahkan mempertemukan orang-orang yang mencari informasi yang sama. Menurut Seth Godin dalam blognya, syarat utama teknologi Web 4.0 :

 

·         Ubiquity

Syarat ini dibutuhkan karena domain dari teknologi Web 4.0 adalah aktivitas bukan hanya sekedar data, dan sebagian besar aktivitas manusia berjalan offline.

·         Identity

Karena distribusi informasi spesifik ditujukan dan didedikasikan untuk seseorang/pribadi sehingga diperlukan informasi mengenai identitas pribadi yang bersangkutan, rutinitasnya dan apa yang dibutuhkan oleh pribadi tersebut.

·         Connection

Tanpa relasi/hubungan seseorang tidak ada artinya dalam teknologi Web 4.0 karena teknologi ini dikembangkan untuk kepentingan ini (making connection).

 

4.     Sebutkan dan jelaskan metodologi web science serta berikan contohnya!

Metodologi Web Science

Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan. Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.

Contoh:1. Arsitektur Web

 2. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

 3. WWW (World Wide Web)

 4. URL( universal resource locator)

 5. XML (Extensible Markup Language)

 6. JavaScript

 7. AJAX

 

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Web_1.0

http://id.wikipedia.org/wiki/Web_2.0

http://222monicayoshe.blogspot.com/2018/10/perbedaan-teknologi-web-10-sampai-40.html#:~:text=Perbedaan%20utama%20dari%20setiap%20generasi,mesin%2C%20dan%20mesin%20ke%20mesin.

http://devi_indriani.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/66928/Pengantar+Web+Science.pdf

 

 

No comments:

Post a Comment

Perbandingan Shopee dan Tokopedia Menurut Prinsip-Prinsip Desain Grafis

Perbandingan Shopee dan Tokopedia menurut prinsip-prinsip desain grafis 1.      Clarity (Kejelasan) Clarity atau keje;asan adalah hal ya...